Selamat Datang di Blogspot Staf Bupati Bantaeng Alamat : Jl. A. Manappiang No.5 Kabupaten Bantaeng - Telepon ( 0413 ) 21001, fax ( 0413 ) 22765 Propinsi Sulawesi Selatan, terima kasih,..atas kunjungan anda. Wassalam
Silahkan Mengganti Tema Latar yang di inginkan


DKP Evaluasi Perwujudan Ketahanan Pangan



 
Bantaeng, 02/01 – 2014 -  Dewan Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bantaeng melakukan evaluasi terhadap perwujudan ketangan pangan daerah.
Selain itu, DKP juga merumuskan kebijakan dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan daerah serta merumuskan kebijakan dalam rangka mendorong keikutsertaan masyarakat dalam penyelenggaraan ketahanan pangan.
 
Evaluasi dan perumusan ketahanan pangan daerah tersebut telah dilakukan dalam bentuk Rapat Koordinasi (Rakor) DKP yang dibuka Wakil Bupati Bantaeng H Muhammad Yasin di Gedung Pertiwi, akhir Desember 2013.
Menurut Kadis Pertanian, untuk mewujudkan ketahanan pangan, tidak terlepas dari pengaruh dan faktor internal maupun eksternal yang terus berubah secara dinamis.
 
Dinamika dan kompleksitas ketahanan pangan menimbulkan berbagai permasalahan dan tantangan serta potensi dan peluang yang terus berkembang.
Hal tersebut perlu terus diantisipasi dan diatasi melalui kerjasama harmonis antara seluruh pihak terkait untuk mewujudkan ketahanan pangan.
 
Penyelenggaraan ketahanan pangan saat ini juga dihadapkan pada permasalahan yang terkait dengan pertumbuhan permintaan pangan yang lebih cepat dari pertumbuhan penyediaannya.
 
Laju permintaan pangan meningkat sejalan dengan laju pertumbuhan penduduk, pertumbuhan ekonomi dan daya beli masyarakat serta perubahan selera.
Hal tersebut menyebabkan kebutuhan pangan meningkat cepat, baik dalam jumlah maupun keragamannya. 
 
Disisi lain, kapasitas produksi pangan masih terkendala oleh kompetisi pemanfaatan lahan, perubahan iklim ekstrim, keterbatasan dukungan infrastruktur dan kecenderungan penurunan kualitas sumberdaya alam yang secara langsung ataupun tidak langsung menghambat upaya peningkatan produksi pangan.  
 
Kabupaten Bantaeng, terang Syamsul Alam berpeluang mengantisipasi hal itu karena memiliki keunggulan komparatif yang sedapat mungkin didayagunakan melalui proses pembangunan menjadi keunggulan bersaing.
 
Dalam kaitan ini, pembangunan ekonomi di bidang pangan, baik berbasis komoditas tanaman, peternakan maupun perikanan tidak saja untuk membangun ketahanan pangan tetapi sekaligus memantapkan perekonomian daerah, ujarnya.(hms)

0 komentar:

Komentar

Komentar Terbaru

CREATED BY : Dedy Unsat.net