Selamat Datang di Blogspot Staf Bupati Bantaeng Alamat : Jl. A. Manappiang No.5 Kabupaten Bantaeng - Telepon ( 0413 ) 21001, fax ( 0413 ) 22765 Propinsi Sulawesi Selatan, terima kasih,..atas kunjungan anda. Wassalam
Silahkan Mengganti Tema Latar yang di inginkan


Limar Lebih Hemat Dari Minyak Tanah




 
Bantaeng, 07/01 – 2014 – Penemu Listrik Mandiri Rakyat (Limar) Ujang Koswara mengatakan, penggunaan Limar jauh lebih hemat disbanding penggunaan lampu minyak tanah.
 
Penggunaan Limar juga lebih aman, katanya ketika menjelaskana temuannya itu yang baru diterapkan di Desa Kayu Loe kecamatan Bantaeng, Kabupaten Bantaeng, Selasa (7/1).
 
Menurut Ujang Koswara, penemuan Limar berawal ketika ponakannya mau mengikuti ujian nasional. Ketika itu, minyak tanah langka padahal penokan mau belajar.
 
Saat itu, sebuah telepon genggam terlihat dilengkapi senter. ‘’Mungkin ada mujizat dari atas, saya tertarik mempelajari bagaimana sebuah HP dilengkapi senter. Dari situ saya kembangkan dan akhirnya jadi.’’
 
Bahan bakunya sangat sederhana. Cukup 1 unit baterai (Accu) yang dilengkapi material lain. Untuk setiap unit rumah, dilengkapi 5 unit mata lampu lengkap dengan Accunya.
 ‘’Bila Accu tersebut suak, bisa di isi kembali di Kantor Desa. Biayanya hanya Rp 2000 untuk sekali isi. Untuk pengisian dilakukan di kantor desa dan dikendalikan langsung pak Desa,’’ ujarnya.
 
Accu tersebut di cash setiap bulan. Karena itulah, jika dibandingkan penggunaan minyak tanah akan jauh berbeda. Terlebih minyak tanah juga sering langka.
Selain Limar, Ujang Koswara juga memperkenalkan teknologi kompor hemat energy yang diberi nama Kompor Sakti. Kompor tersebut menggunakan limbah berbagai jenis, termasuk limbah dedaunan sebagai bahan baku pemanas.
 
Ujang pada kesempatan tersebut juga memperkenalkan penggunaan teknologi gas elpiji untuk sepeda motor yang mampu menjelajah hingga 600 km/tabung 12 kg.
 
Selain untuk sepeda motor, teknologi yang menggunakan gas elpiji tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk perahu motor. Ini penting untuk mencegah nelayan yang melaut kehabisan bensin. 
 
 Untuk kelanjutan penggunaan teknologi tepat guna di desa tersebut, sejumlah pemuda desa telah dilatih. Ke depan, Tim Limar juga akan melatih siswa SMK untuk membebaskan kabupaten berjarak 120 kilometer arah selatan Kota Makassar ini dari kegelapan.
‘’Kami siap membantu mewujudkan visi Bantaeng bebas gelap,’’ terang Ujang Koswara, penemu Limar.(hms)  
 

0 komentar:

Komentar

Komentar Terbaru

CREATED BY : Dedy Unsat.net