Selamat Datang di Blogspot Staf Bupati Bantaeng Alamat : Jl. A. Manappiang No.5 Kabupaten Bantaeng - Telepon ( 0413 ) 21001, fax ( 0413 ) 22765 Propinsi Sulawesi Selatan, terima kasih,..atas kunjungan anda. Wassalam
Silahkan Mengganti Tema Latar yang di inginkan


Kabupaten Penajam Paser Utara belajar BUMDES di Bantaeng



 
Bantaeng, 05/12 – 2013 – Sebanyak 70 orang peserta Orientasi Lapangan Pengelolaan Administrasi Desa dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Kabupaten Penajam Paser Utara Provinsi Kalimantan Timur berkunjung ke Kabupaten Bantaeng.
 
Rombongan yang dipimpin Sekda Drs H Abd Jaman M.Si tersebut bermaksud belajar keberhasilan dan sukses yang diraih Kabupaten Bantaeng dalam beberapa tahun belakangan.
 
Sekda Kabupaten Penajam Paser Utara yang disertai Asisten 2 yang juga Kepala Badan Pemberdayaan Pemerintahan Desa Drs H Tohar MM, BPMD bidang Pemdes H Sahlan S.Sos, Camat Penajam, Kepala Desa dan Pengelola Bumdes mengatakan, pemilihan lokasi pembelajaran  selain rekomendasi provinsi juga karena perkembangan pesat di daerah ini.
 
‘’Kami mendapat rekomendasi bahwa perkembangan pesat di Sulsel berada di Kabupaten Bantaeng. Karena itu kami datang untuk belajar, terutama masalah administrasi desa dan pengelolaan Bumdes,’’ ujarnya.


‘’Kami harus banyak belajar karena daerah kami baru 13 tahun secara resmi menjadi kabupaten. Dan belajar di daerah ini sangat tepat, selain perkembangannya yang pesat juga masuk kategori nasional. Karena itu, kami juga ingin maju,’’ tambah Sekda Abd Jaman.
Ia kemudian mengemukakan potensi daerahnya yang memiliki 30 desa dari 4 kecamatan dengan jumlah penduduk 176 ribu jiwa dari luas wilayah 333,6 km2. 
 
Dengan potensi tersebut, Kabupaten terkecil di Kaltim ini memiliki APBD Rp 1,7 triliun dan ADD desa yang mencapai Rp 1 hingga Rp 2 miliar/desa. 
Itu diperoleh dari hasil migas dan perkebunan sawit. ‘’Daerah kami merupakan daerah pertama kali ditanami kelapa Sawit yang dikelola swasta di Kalimantan,’’ urainya.
Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah dalam sambutan penerimaannya di Tribun Lapangan Pantai Seruni, Kamis (5/12) menyambut baik kedatangan peserta orientasi dari Kabupaten Penajam Paser Utara.
 
Penyambutan tamu dari Kaltim itu juga dihadiri mantan Deputy Kementerian Pemuda dan Olahraga Irjenpol (purn) Darwan Siregar dan tamu dari Kementerian Koperasi & UKM serta Kementerian Pertanian.
 
Nurdin Abdullah mengatakan, Bantaeng juga merupakan kabupaten terkecil wilayahnya di Sulsel, hanya saja, APBD Bantaeng sangat minim dibanding Penajam Paser Utara.
Karena dana kita terbatas, maka kami harus selektif membelanjakan yang benar-benar sesuai kebutuhan masyarakat. Itulah sebabnya, meski terbatas, namun kami juga masih bisa membangun  berbagai fasilitas.
 
Fasilitas tersebut, terutama yang bermanfaat besar seperti  pembangunan rumah sakit, membangun alun-alun kota melalui revitalisasi Pantai Seruni. 
 
Selain membangun kota, Bantaeng juga membangun dari pesisir hingga ke pengunungan dengan memanfaatkan potensi lahan setempat. Di pesisir yang memiliki panjang 21 kilometer ditanam rumput laut.
Sedang pada dataran rendah ditanam berbagai jenis tanaman yang membantu pengembangan benih sesuai visi Pemda menjadikan Bantaeng Kabupaten Benih Berbasis Teknologi.
 
Masuknya industri, terutama industri pengolahan bijih nikel (smelter) yang mendapat dukungan masyarakat diharapkan mampu meningkatkan APBD dari Rp 233 miliar pada 2008 menjadi di atas Rp 1 triliun pada 2018.
 
Bupati juga mengemukakan pembangunan industri pupuk pintar (SRF) bekerjasama BPPT yang mampu menunjang pertanian lahan marginal untuk menunjang program pengadaan beras 1 juta ton/tahun oleh Provinsi Sulsel.
 
‘’Kami siapkan benih dan pupuknya karena lahan kami terbatas,’’ tambahnya seraya mengemukakan program kesehatan berbasis pelayanan 113 yang mampu menekan angka kematian ibu dan bayi hingga 0.
 
Sebelum program kesehatan yang dilengkapi Brigade Siaga Bencana (BSB) hadir, tingkat kematian ibu dan bayi mencapai 15 hingga 16 tahun. Sejak beberapa tahun terakhir, angka tersebut menjadi nol, tambah Bupati HM Nurdin Abdullah.(hms)   

0 komentar:

Komentar

Komentar Terbaru

CREATED BY : Dedy Unsat.net