Selamat Datang di Blogspot Staf Bupati Bantaeng Alamat : Jl. A. Manappiang No.5 Kabupaten Bantaeng - Telepon ( 0413 ) 21001, fax ( 0413 ) 22765 Propinsi Sulawesi Selatan, terima kasih,..atas kunjungan anda. Wassalam
Silahkan Mengganti Tema Latar yang di inginkan


BUPATI BANTAENG PANTAU PELAKSANAAN UN




Bantaeng, 18/4 – 2013 –   Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah memantau pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di sejumlah sekolah, Kamis (18/4).  

Bupati yang didampingi Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga Muslimin M dan sejumlah petinggi lainnya menyaksikan pelaksanaan UN di SMA Negeri 2 Bantaeng.
Setelah itu, pemantauan dilanjutkan di SMK Negeri 1 Bantaeng dan berakhir di MA Muhammadiyah Bantaeng. Pelaksanaan di tiga sekolah tersebut berlangsung tertib dan aman.

Plt Kadis Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Muslimin Maharang mengatakan, pelaksanaan UN tahun ini diikuti 2.180 siswa yang menggunakan 122 ruangan pada 13 sekolah dan melibatkan 244 orang pengawas. 

Siswa tersebut terdiri atas 820 siswa yang berasal dari 4 SMA dan diawasi 90 orang pengawas, sedang siswa SMK yang ikut UN berjumlah 819 siswa dari 4 SMK yang diawasi 92 pengawas.

Khusus siswa Madrasah Aliyah (MA) berjumlah 541 siswa dari 5 MA di daerah berjarak 120 kilometer arah selatan Kota Makassar, ibukota Provinsi Sulsel. Siswa sebanyak itu diawasi 62 orang pengawas, ujarnya.

Muslimin yang juga Asisten I Pemkab Bantaeng mengatakan, dari 13 sekolah yang siswanya menjadi peserta UN tersebut, terdapat 3 sekolah yang mengalami keterlambatan soal.

Untuk mencegah molornya pelaksanaan UN pada ketiga sekolah tersebut, terpaksa dilakukan perbanyakan soal dengan mengkopi soal yang sudah lengkap dari SMA Negeri 2 Bantaeng.

Fotocopy soal tersebut dilakukan setelah ada kesepakatan dengan panitia penyelenggara UN dari Unhas sebagai panitia regional Sulsel. Konfirmasi pihak Rektor Unhas penanggungjawab ujian di Sulsel, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menginstruksikan untuk mengkopi soal UN jatah tiga sekolah tersebut.

Jumlah soal yang di foto kopi mencapai 612 soal dari 208 soal lengkap, kata Plt Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga yang juga Asisten I Pemkab Bantaeng.
 Masih menurut Muslimin, pelaksanaan UN untuk sekolah lengkap tetap berjalan sesuai jadwal, yakni dilaksanakan pukul 07.30 wita. Sementara tiga sekolah yang tidak lengkap soalnya, ujian dilaksanakan pukul 09.30 wita. 

Sementara itu, UN jurusan Bahasa di SMAN 1 Bissappu terpaksa ditunda hingga tanggal 25 April karena soal tidak datang.

"Jurusan itu akan bersaman dengan ujian susulan mendatang. Memang soal untuk UN jurusan sastra Indonesia, Antropologi, dan lainnya tidak datang soalnya, ini terjadi se Sulsel,’’ urainya.
Menjawab pertanyaan, ia mengatakan, yang dikhawatirkan bagaimana lembar jawaban UN diperiksa, sementara pemeriksaan soalnya menggunakan komputer, lembar jawabannyakan juga difotocopy?," katanya.

Kadis Pendidikan, Pemuda dan Olahraga itu mengakui, kerancuan pelaksanaan UN ini tentu saja sangat merugikan siswa karena mengganggu psikologis belajarnya.
Contohnya, siswa sudah jauh-jauh belajar mempersiapkan diri untuk UN tetapi tiba-tiba ditunda, jadi beban psikologisnya terganggu. Hal lainnya pelaksanaan UN pelajaran kedua seharusnya terlaksana pukul 10.30 wita terpaksa juga ditunda hingga pukul 14.00 wita.

"Saya pertanyakan ke Rektor Unhas soal lembar jawaban yang dicopykan, namun Rektor mengatakan copy saja itu urusan saya," singkatnya.


0 komentar:

Komentar

Komentar Terbaru

CREATED BY : Dedy Unsat.net