Selamat Datang di Blogspot Staf Bupati Bantaeng Alamat : Jl. A. Manappiang No.5 Kabupaten Bantaeng - Telepon ( 0413 ) 21001, fax ( 0413 ) 22765 Propinsi Sulawesi Selatan, terima kasih,..atas kunjungan anda. Wassalam
Silahkan Mengganti Tema Latar yang di inginkan


TMU tertarik bangun indsutri smelter di Bantaeng


TMU tertarik bangun indsutri smelter di Bantaeng

Bantaeng, 24/2 – 2013, Setelah beberapa perusahaan multi nasional dari China dan Inggris menanam investasi pembangunan industri pengolahan bijih nikel (smelter) dan bijih besi (mangan), kini perusahaan nasional PT Titan Mineral Utama (TMU) juga menyatakan ketertarikannya.
 
Perusahaan yang bermarkas di Jakarta dan bermitra dengan perusahaan asing tersebut juga meminati pembangunan industri smelter di Kawasan Industri Bantaeng (KIBA).
 
Pada tahap awal, TMU membutuhkan lahan seluas 200 Ha dengan total investasi Rp 5 triliun secara bertahap. Ini dilakukan karena disesuaikan dengan kondisi material yang didatangkan dari Sulawesi Tenggara, kata Direktur Utama PT TMU Warsito Hans Tanudjaja.
 
Rombongan pemodal di bidang pertambangan itu diantar langsung Wakil Kementerian Penanaman Modal Indonesia (BKPM) Yusran dan diterima Bupati HM Nurdin Abdullah bersama Sekda HM Yasin dan Kadis Perindagtamben H Abd Gani di anjungan Pusat Kuliner Pantai Marina, Sabtu (23/2).
 
Menurut Warsito Hans Tanudjaja, pihaknya sudah lama mencari lahan untuk membangun industri, penyusul peraturan baru pemerintah tentang pengolahan hasil tambang di Indonesia.
 
‘’Kami sudah berjalan ke bagian utara Sulsel namun belum ada yang cocok. Kemudian kami bertemu pihak Kementerian Penanaman Modal Indonesia. Dari sini kami dihubungkan dengan Bupati Bantaeng,’’ urainya.
 
Setelah pertemuan di Jakarta, kami langsung ke Bantaeng untuk melihat langsung kondisi di lapangan, urainya dan ternyata janji tentang kemudahan perizinan betul-betul terbukti.
 
Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah mengatakan, soal perizinan diselesaikan dalam satu jam dan tanpa bayaran (gratis) yang penting ada keseriusan dari pihak investor untuk menanamkan modalnya di daerah ini.
 
Selain bantuan perizinan gratis, Pemda juga berkewajiban mengawal setiap perkembangan yang diinginkan, termasuk saat dilakukan pembebasan lahan. ‘’Kamipun siap membantu,’’ tuturnya.
 
Dirut PT TMU menilai, perhatian Pemda terhadap industri berat dengan menggratiskan perizinan baru ditemukan di negeri ini. ‘’Biasanya kami terkendala di bidang perizinan,’’ tuturnya seraya mengemukakan rencana pengolahan nilel berkadar rendah yang selama ini tidak laku.
‘’Melalui teknologi,  kami akan mengolah nikel berkadar rendah yang selama ini tidak laku sebab kebutuhan smelter cukup tinggi,’’ tambahnya. Ia kemudian menanyakan soal kesiapan pelabuhan, air dan listrik.
 
Menanggapi hal itu, Bupati HM Nurdin Abdullah mengatakan, Pelabuhan Bantaeng yang sudah mulai dioperasikan beberapa pekan lalu masih akan dikembangkan, termasuk pembangunan lapangan peti kemas.
 
Detail rencana pembangunan pelabuhan tersebut sudah rampung dan diharapkan dalam waktu dekat sudah dimulai sehingga bisa mengantisipasi kepentingan ekspor.
Tentang ketersediaan tenaga listrik, Nurdin Abdullah mengatakan, sudah menjalin kerjasama PLN untuk penyediaan 370 MW. Besaran tenaga listrik tersebut merupakan tertinggi kedua setelah Makassar.
 
Sedang untuk kebutuhan air bersih, Pemda telah membangun Dam Batu Massong yang tak hanya mampu mengaliri ribuan Ha areal persawahan tadah hujan, tetapi juga untuk ketersediaan air bersih di kawasan industri.
 
Karena itulah, sangat tepat bila investor menjatuhkan pilihannya ke Bantaeng karena daerah lain tidak memiliki fasilitas seperti ini, terutama ketersediaan tenaga listrik dan air, urainya.(hms)
 

2 komentar:

  1. Bantaeng hebat bisa menciptakan/memfasitasi pembangunan smelter di daerahnya. Kami selaku perusahaan jasa export import memohon sekiranya kami bisa dapat contact person dari salah satu perusahaan smelter ini untuk membantu pengiriman smelter dari luar ke Bantaeng.

    Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  2. Bapak Muhammad Tahir > bisa inbox ke email resmi kami pak ( pemda@bantaengkab.go.id ) terima kasih.

    BalasHapus

Komentar

Komentar Terbaru

CREATED BY : Dedy Unsat.net