Selamat Datang di Blogspot Staf Bupati Bantaeng Alamat : Jl. A. Manappiang No.5 Kabupaten Bantaeng - Telepon ( 0413 ) 21001, fax ( 0413 ) 22765 Propinsi Sulawesi Selatan, terima kasih,..atas kunjungan anda. Wassalam
Silahkan Mengganti Tema Latar yang di inginkan


Smelter Summit - Bantaeng Pusat Smelter KTI




 
Bantaeng, 26/2 – 2014 -  Konferensi untuk Pengembangan Smelter di Indonesia (Smelter Summit) menunjuk Kabupaten Bantaeng sebagai Pusat Smelter di Kawasan Timur Indonesia (KTI).
 Penunjukan pemerintah pusat melalui kementerian yang berwenang sebagai Central Smelter untuk KTI tersebut didasarkan kesepakatan para peserta yang diprakarsai Kadin Indonesia di Hotel Grand Hyatt Jakarta, Rabu (26/2).
 
 Kepala Bidang Ekonomi Sosial dan Budaya Bappeda Bantaeng Junaedi Bakri yang menyertai Wakil Bupati H Muhammad Yasin melalui surat elektronik mengatakan, Smelter Summit tersebut dibuka Vince Gowan yang mewakili Ketua Kadin Indonesia.  
 Pertemuan sehari itu diikuti peserta dari beberapa negara yang selama ini mengimpor bahan baku nikel dari Indonesia antara lain dari China, India dan beberapa negara yang mewakili daratan Eropa.

Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah bertindak sebagai nara sumber yang diwakili Wakil Bupati H Muhammad Yasin menggambarkan konsep pengembangan industri di Kawasan Industri Bantaeng (KIBA).
 
 Pengembangan tersebut melalui berbagai kajian, termasuk SWOT analysis yang cukup strategis untuk pengembangan Industri Smelter.
 Kajian tersebut ditunjang regulasi yang dilaksanakan dengan baik. Komitmen Pemerintah Daerah (Pemda) dibawah pimpinan HM Nurdin Abdullah tersebut cukup membantu investor.
 Yang paling terasa adalah proses penerbitan perizinan yang diproses cepat sesuai regulasi dengan pelayanan gratis, termasuk memfasilitasi pembebasan lahan dan penyediaan infrastruktur.
Faktor lain yang paling menarik bagi investor adalah ketersediaan sumber daya pendukung untuk pengembangan smelter khususnya ketersediaan air, listrik serta keberhasilan masyarakat Bantaeng menciptkan suasana aman dan kondusif.


Selain Bupati Bantaeng, nara sumber lainnya Deputy Kemenkokesra Bambang Adi, Sekretaris Menteri ESDM dan Direktur Pertambangan Budi Irmawan.
 Pada sesi diskusi yang dipimpin langsung pengurus Kadin Indonesia Vince Gowan, para peserta menyampaikan, dari gambaran potensi yang disampaikan Wakil Bupati Bantaeng termasuk pemanfaatan limbah Smelter untuk industri batu bata, reklamasi dan pengembangan wisata pantai melalui pembuatan pulau wisata pada kawasan pantai marina, membuktikan kreatifitas Pemda Kabupaten Bantaeng dalam menangkap investasi.
 
 Para narasumber yakin, saat ini dan ke depan Bantaeng akan menjadi kekuatan ekonomi baru di kawasan timur Indonesia (KTI). Karena itu pemerintah pusat melalui kementerian yang berwenang menunjuk Bantaeng sebagai Central Smelter untuk KTI, terang Junaedi Bakri.(hms)

0 komentar:

Komentar

Komentar Terbaru

CREATED BY : Dedy Unsat.net