Selamat Datang di Blogspot Staf Bupati Bantaeng Alamat : Jl. A. Manappiang No.5 Kabupaten Bantaeng - Telepon ( 0413 ) 21001, fax ( 0413 ) 22765 Propinsi Sulawesi Selatan, terima kasih,..atas kunjungan anda. Wassalam
Silahkan Mengganti Tema Latar yang di inginkan


Perusahaan Korea, China, Malaysia sepakat wujudkan Bantaeng Industrial Park.



Bantaeng , 25/06 – 2014 – Empat perusahaan masing-masing dari Korea Selatan, China, dan Malaysia sepakat mewujudkan kawasan industri  Bantaeng Industrial Park (BIP) di Kabupaten Bantaeng.
Kesepakatan perusahaan tersebut dituangkan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MOU) yang penandatanganannya dilakukan Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah dengan mitranya di Hotel Aston Makassar, Rabu (25/6).

Keempat perusahaan tersebut masing-masing Vice General Manager China Machinery Engineering Corporation (CMEC) Mr Cao Yuejun,  Presiden Comisioner CMEC Adi Pranoto Leman, BTN Power (M) SDN, BHD Mr Naziruddin Mohamed dan Managing Director PT Bantaeng Sigma Energi Irzan Yuswar.

Selain itu, dilakukan pula penandatanganan naskah MOU antara Presiden Direktur Perusda Taufik Fachruddin dengan Vice President Doosan Heavy Industries & Construction Co, Ltd, Mr Lee, dan Presiden Director PT Infinity Capital Mr Adi P Leman.

Pada penandatangan naskah kerjasama yang disaksikan Ketua DPRD Bantaeng Hj Novrita Langgara dan konsultan dari Australia tersebut, disepakati pembangunan pembangkit listrik tenaga batubara dan tenaga uap berkapasitas 2 X 300 MW.
Untuk mewujudkan rencana tersebut, PT Bantaeng Sigma Energi bersinergi dengan BTN Power (M) SDN, BHD. Karena itu, dalam waktu singkat segera dilakukan fisibility study kerjasama Universitas Hasanuddin (Unhas). 

Setelah itu, tim CMEC turun sehingga progress tetap sesuai rencana, terang Irzan Yuswar. Demikian pula dengan pembangunan pemurnian air (water treatmen) yang akan menunjang industry smelter.
‘’Kami akan melakukan yang terbaik untuk Bantaeng,’’ terang Mr Lee, Vice President Doosan Heavy Industries & Construction Co.Ltd.

Ia kemudian memperlihatkan kepiwaian perusahaannya membangun water system dalam bentuk video. Dalam video tersebut dikelola air limbah yang diolah menjadi air bersih.   
Usai penandatanganan naskah kesepakatan (MOU), Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah menyerahkan izin lokasi dan izin prinsip kepada PT Bantaeng Sigma Energi.
Izin yang di daerah lain sering memakan waktu tersebut, merupakan izin yang diberikan secara gratis dan selesai dalam tempo sehari. ‘’Ini sebagai bukti keseriusan melakukan aksi di lapangan,’’ terang bupati.

HM Nurdin Abdullah juga mengatakan, dengan MOU yang saling terkait ini, menjawab persoalan dunia terhadap kebutuhan nikel serta menjawab kekhawatiran ketersediaan pembangkit listrik.

Menurutnya, meski telah dilakukan kerjasama dengan PLN, namun kehadiran pembangkit masih terus diperlukan karena industri smelter yang akan beroperasi sebanyak 8 perusahaan.
Demikian pula dengan ketersediaan air bersih. Kehadiran perusahaan Korea Doosan akan menjawab kebutuhan air tersebut. Perusahaan ini mampu mengolah air laut menjadi air bersih.
‘’Kerjasama terpadu antara penyandang dana, penyedia teknologi, dan perusahaan yang akan bekerja akan mewujudkan kawasan Bantaeng Industrial Park di areal 3000 ha yang ditata BUMN China, China Harbour,’’ ujarnya.

Kekuatan ini akan mengubah wajah Kabupaten Bantaeng dan Sulsel pada umumnya sebab investasi dua BUMN terkemuka China (China Harbour dan CMEC) merupakan investasi murni untuk kali pertama di Indonesia.
Masih menurut Bupati Bantaeng, bila seluruh rencana berjalan baik, Bantaeng akan muncul sebagai kota baru yang mirip Singapura. Ia kemudian memberi contoh pembangunan kota baru Ning Xia di China yang hanya memerlukan waktu 8 tahun.
Untuk menunjang segala aktifitas di daerah berjarak 120 kilometer arah selatan Kota Makassar, ibukota Provinsi Sulsel tersebut, Bantaeng terus berbenah dan membangun sejumlah fasilitas.

Diantara fasilitas tersebut adalah RSUD bertaraf internasional, fasilitas wisata pantai Marina Beach yang dilengkapi fasilitas jogging track, fasilitas memancing, hotel, resort, kolam renang, lapangan tennis, wisata agro dan sejumlah fasilitas lainnya.(hms)     

0 komentar:

Komentar

Komentar Terbaru

CREATED BY : Dedy Unsat.net